Segera KKN? Tips Sukses KKN

Balamuda tentunya udah tahu, bahwa selain skripsi, ada satu lagi tahapan yang gak kalah menantang sebelum lulus. Setiap mahasiswa wajib mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN.

Program KKN dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN. Program yang dibuat dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, pemberdayaan masyarakat, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana. Dan inilah tips KKN untuk Balamuda!

1. Jangan Egois! Harus Siap berbagi ruang pribadi, posko KKN bukan kamar kos milik sendiri

Selama menjalani KKN nanti, Balamuda akan tinggal di rumah warga bersama teman-teman satu kelompok. Jadi jangan mengharapkan kamar pribadi yang bisa membuat Balamuda bebas seperti di kos. Balamuda harus siap berbagi ruang pribadi dengan teman yang lain.

2. Jangan lupa untuk mengunjungi tokoh masyarakat di sana

Begitu datang dan sebelum memulai kegiatan KKN, ada baiknya Balamuda mengunjungi ke tokoh masyarakat setempat. Untuk melakukan pengabdian dan membuat program untuk masyarakat, Balamuda harus berkoordinasi dengan masyarakat setempat. Sebab, sebagian masyarakat masih sangat patuh terhadap tokoh masyarakat. Jadi, agar Balamuda dapat menjalankan KKN dengan lancar, kunjungilah para tokoh masyarakat, seperti kepala desa, sekretaris desa, dan ulama. Libatkan para tokoh tersebut di setiap program yang Balamuda lakukan.

3. Semangat Untuk beradaptasi dengan budaya setempat

Ketika berada di lingkungan baru, Balamuda harus bisa beradaptasi dengan masyarakat sekitar. Jangan membawa budaya kota ke tempat KKN. Balamuda harus bisa tampil sederhana, apalagi jika kondisi masyarakat di tempat KKN-mu serba kekurangan. Terimalah segala keadaan yang ada di tempat KKN, mulai dari tempat tinggal, MCK, dan jenis makanan. Toh Cuma bentar kan ya Balamuda? Nanti Kalo udah selesai KKN juga Kangen

4.  Jangan lupa untuk selalu ramah

Ramah adalah kunci. Jangan lupa untuk selalu menyapa siapapun yang Balamuda temui di tempat KKN nanti. Tebarkan senyum pada masyarakat yang Balamuda temui di jalan. Balamuda juga bisa menyapa atau mengucapkan permisi ketika lewat. Selain itu, Balamuda juga bisa bermain bersama anak-anak sekitar, seperti bermain bola.Balamuda harus bisa menciptakan kondisi bahwa masyarakat merasa nyaman dengan kehadiran mahasiswa KKN di wilayahnya tersebut. Kuncinya Senyum, Senyum kan ibadah

5. Balamuda harus bisa menjelaskan ilmu yang Balamuda dapat di kampus kepada warga sekitar

Menjadi tantangan bagi Balamuda untuk bisa menjelaskan dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami tentang ilmu yang tengah Balamuda pelajari di kampus. Lebih baik lagi jika Balamuda bisa menunjukkan aplikasinya secara nyata pada kehidupan sehari-hari.

FebiTyara/NR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *