TIPS MENJADI MAHASISWA BARU

Selamat buat Balamuda Maba alias mahasiswa baru nih, inget balamuda sudah meninggalkan masa Putih Abu-Abu yang menyenangkan dan melelahkan, wah sudah memasuki Fase baru nih Balamuda, yaitu Mahasiswa ciee, di Fase yang harus cermat, mandiri, dan pastinya menyenangkan dan melelahkan juga, nah biar ga canggung memasuki fase baru, berikut tips dan trik menjadi Mahasiswa baru. Check this out:

  • Manfaatkan PKKMB untuk mencari teman setidaknya  3-5 orang teman
source: idntimes

Malas ikutan PKKMB karena tugasnya yang seabrek? Coba buang jauh-jauh rasa malas Balamuda. Ambil sisi positif dari agenda wajib mahasiswa baru ini. Tujuan PKKMB sebenarnya adalah memperkenalkan Balamuda pada dunia perkuliahan. Yang paling penting, ini adalah ajang di mana Balamuda bisa berkenalan dengan teman-teman kampus. Temukan teman yang cocok dengan Balamuda, yang bisa diajak hangout, atau makan di preksu wkwk yang pasti memberikan efek positif, dan juga seru untuk berdiskusi tentang kuliah.

  • Jika Balamuda  anak rantau, kenali dulu kota barumu biar nyambung diajak ngomong 
source: kompasiana.com

Kuncinya, banyak cari tahu. Sebelum Balamuda berangkat, usahakan telah mendapatkan bekal pengetahuan umum. Contohnya adalah Bahasa apa yang banyak digunakan. Tempat-tempat hits apa yang sering anak mudanya kunjungi. Makanan apa yang lagi popular. Issue terkini dan berbagai hal unik lain. Loh, emang penting ya?. Asli, penting banget. Hal-hal seperti ini membuat Balamuda lebih cepat membaur. Balamuda juga punya banyak bahan obrolan. Alhasil, lebih cepat beradaptasi deh.

  • Berteman di lingkaran yang itu-itu saja saat SMA? Sekarang waktunya kamu mengubahnya tetapi Cerdas dalam memilih teman itu harus

Pengaruh di dunia perkuliahan memang cukup besar. Khususnya dari teman-teman baru. Jangan mudah percaya namun juga jangan terlalu anti sosial. Tempatkan diri Balamuda sebaik mungkin. Jauh lebih baik jika Balamuda mencari teman dengan hobi sama. Caranya mudah! Masuk aja ke dalam Unit kegiatan Mahasiswa (UKM).

  • Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang), Aktif dalam kegiatan atau organisasi mahasiswa ea
source: ruangmahasiswa

Masa perkuliahan Balamuda mungkin bisa untuk melanjutkan minat dengan mengikuti sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. Selain dapat menyalurkan minat dan bakat, UKM juga nantinya bisa menjadi tempat dimana Balamuda dapat memperluas lingkungan pertemanan karena lingkupnya tak hanya mencakup fakultas saja tetapi satu universitas. Bisa ikut UKMB Magenta Radio Balamuda, di Buka pendaftaran di semester genap ya

  • Belajar Mengatur Keuangan dan Waktu
source: rapikan.com

Berada di jenjang kuliah berarti Balamuda bukan lagi seorang anak kecil. Seseorang yang berada di titik ini akan segera menghadapi dunia yang sebenarnya di mana Balamuda harus berjuang untuk menghidupi diri sendiri. Penting bagi Balamuda untuk belajar mengatur keuangan sejak dini. Di saat seperti inilah Balamuda harus bisa membedakan mana hal yang penting dan mana yang tidak.

Dan Kini Balamuda harus pintar dalam me-manage waktu, kapan Balamuda harus kuliah, kapan Balamuda harus belajar, kapan Balamuda harus mengikuti kegiatan di kampus, dan kapan Balamuda harus bermain. Semua ini Balamuda lakukan agar tetap dapat menyeimbangkan antara kesibukan dan refreshing. Balamuda bisa memanfaatkan aplikasi pengaturan waktu di smartphone supaya hidup kamu lebih tertata.

  • Tetap jadikan hal akademis sebagai prioritasmu, jangan terburu- buru merasa jatuh cinta
source: livesccience.com

Cinta itu tidak di larang, tetapi ingat kembali visi dan misi Balamuda kuliah adalah untuk mencari ilmu, jangan sampai Jatuh cinta atau berpacaran merubah tujuan  atau mengganggu kuliah Balamuda.

~Selamat Menikmati Kehidupan Kuliah Balamuda ! -FebiTyara/NR/280819

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *