Tips Menyelamatkan Diri dari Kejamnya Tanggal Tua

Udah masuk tanggal tua nih Balamuda, biasanya Dompet udah kurus nih Balamuda, padahal dompet kan ga diet ya balamuda. Udah dompet kurus di tambah dengerin lagunya Kunto Aji-akhir Bulan, dengan lirik yang paling menusuk hati “di akhir bulan dengan teman Mie instan”. Haduh nyesek!

Nah biar ga nyesek banget karena kejamnya tanggal tua, berikut beberapa tips nih bisa menyelamatkan Balamuda dari tanggal Tua:

 

1. Atur pengeluaran Balamuda dari awal

Source: google

Biar Balamuda gak ‘melarat’ banget pas tanggal tua, mulai bulan depan pastikan Balamuda udah atur pengeluaran dari awal.

Ada baiknya pas terima Duit bulanan, Balamuda udah stok kebutuhan selama sebulan dari awal. Bahkan, stok juga cadangan makanan buat di akhir bulan supaya Balamuda gak pusing mikirin makan. Terus, sisihkan tabungan di awal biar Balamuda gak tergoda buat habisin duit bulanan balamuda pas baru di kirimin duit bulanan.

 

2. Pulang ngampus langsung pulang jangan mampir Mall atau malah nongkrong di cafe

Source: google

Saat tanggal tua hindari ajakan hang-out. Mending Balamuda langsung pulang ke rumah atau kos dan Balamuda  pun bisa menikmati istirahat di rumah atau kost aja. Atau Balamuda bisa ajak teman-teman Balamuda buat nonton DVD aja di rumah dan kalian bisa  masak makanan sendiri. Alhasil, pengeluaran lebih minimalis.

 

3. Kurangi jajan, Masak sendiri aja di rumah atau kost

Source: google

Jelang atau saat tanggal tua, ada baiknya buat kurangi atau bahkan stop jajan. Biasanya nih, jajan gorengan, es, atau beli camilan-lah yang bikin uang Balamuda terkuras sedikit demi sedikit. Daripada benar-benar bokek pas tanggal tua, yuk kurangi atau stop jajan dulu.

Nah, Karena  tanggal tua, coba deh buat berusaha masak sendiri di rumah atau kost Balamuda. Di jamin lenih irit!

 

4. Hemat penggunaan kuota Internet

Source: google

Anak kosan millennial mana yang gak butuh kuota internet. Semuanya pasti mengandalkan internet untuk mengerjakan tugas, kepoin akun orang, streaming drama Korea, main game juga gak boleh dilewatkan. Kenapa harus hemat pakai kuota Internet? Takutnya, sebelum di kirimin duit bulanan, kuota Balamuda udah habis. Kalau udah habis, kamu harus keluar uang dong buat beli kuota lagi. Sayang banget kan?

Walaupun ada solusi terbaiknya adalah pakai WiFi kampus. Dan Kelihatan serius di depan laptop, padahal lagi download drama Korea sambil menunggu chat dari orang tua “Udah papa transfer ya.”

 

5. Instal Aplikasi aplikasi penyedia diskon dan Rajin ngasih Promo, Penolong Banget nih!

Source: google

Ngeliat dompet di tanggal tua yang makin kurus kaya dompetnya diet kok ngeri ya Balamuda. Mustahil rasanya untuk makan mewah atau membeli barang-barang yang diinginkan pada saat tanggal tua.

Nah, bisa nih Balamuda memanfaatkan voucher diskon atau Promo di aplikasi  aplikasi penyedia voucher diskon atau promo nih. Untung banget kan Balamuda bisa makan mewah atau membeli barang yang di inginkan pada saat tanggal tua, lho!

 

6. Manfaatin Uang Receh! Tuker ke minimarket aja

Source: google

Jangan menyepelekan uang receh lho Balamuda, bagi Balamuda khususnya anak kos uang receh ini sangat berguna sekali di akhir bulan. Apalagi kalau jumlah receh itu cukup banyak. Bisa jadi  itu masih cukup buat beli makan sehari dua hari sebelum uang kiriman orangtua datang.

Nah, kalau Balamuda malu buat membelanjakan uang receh, Balamuda juga bisa kok menukarkan uang receh dengan uang kertas ke warung atau minimarket. Biasanya warung atau minimarket tersebut banyak membutuhkan uang receh untuk kembalian. Tapi nggak ada salahnya juga Balamuda menggunakan uang receh buat transaksi, toh sama-sama uang, kenapa harus malu?

 

NR/FebiTyara/25/02/2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *