SNMPTN Dibuka, UNY Siap Terima Mahasiswa Baru

Setelah hampir satu bulan sekolah-sekolah mengisi PDSS, sebentar lagi UNY bakalan siap menerima mahasiswa lewat jalur SNMPTN nih Balamuda. SNMPTN sendiri adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa menggunakan nilai rapor sekolah dari semester 1 sampai 5, untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Pendaftaran SNMPTN ini gratis lho Balamuda, dan calon pendaftar boleh ngambil 2 PTN lho. Tapi nih kalau milih 2 PTN, PTN satunya harus sama dengan asal sekolahnya. Nah kalau cuma milih satu boleh memilih dimana aja provnsi PTN yang bakalan dipilih.

Dari SNMPTN ini, tiap siswa di sekolahnya bakalan di seleksi dulu lewat pemeringkatan secara otomatis di web SNMPTN. Jadi cuma 50% siswa terbaik yang sekolahnya terakreditasi A, 30% terakreditasi B dan 10% terakreditasi C yang bisa daftar SNMPTN. Nah buat siswa yang nggak bisa ikutan SNMPTN, nggak usah khawatir, masih ada SBMPTN di bulan Mei, jadi tinggal mempersiapkan diri dengan belajar dong karena SBMPTN ini berbasis tes tertulis. UNY sendiri udah mengalokasikan 70% daya tampung perprodi dimana 35% untuk SNMPTN dan SBMPTN 35%, sementara 30% untuk Seleksi Mandiri. Namun alokasi tersebut hanya untuk pendaftar yang memilih jenjang Strata 1 (S1), kalau kamu ingin melanjutkan studi D3 kamu bisa ikutin Seleksi Mandiri berbasis prestasi dan tulis.

Tahun ini, UNY bakalan menerima 1.608 mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN nih Balamuda. Padahal animo pendaftar tahun 2017 mencapai 23.838 peserta, dan ini menempatkan UNY sebagai 10 PTN favorit di jalur SNMPTN. Nah maka dari itu, walaupun bisa mendaftar SNMPTN nggak ada jaminan kalau bisa lolos di PTN juga nih Balamuda, so jangan lupa untuk belajar di SBMPTN ya Balamuda!

(News & Reportase/IG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *