Hujan Jangan Malas

Biasanya, kemalasan seorang mahasiswa untuk berangkat kuliah disebabkan sama beberapa faktor. Mulai dari dosen yang nyebelin, mata kuliah yang bosenin, temen kelas yang gak asik, sampe cuaca yang bikin pengen nyanyi lagu mbak Ratih Purwasih – Antara benci dan Rindu; “Yang, hujan turun lagiii~”. Oke, cukup. Tapi emang, di bulan November 2017 ini, hujan lagi lucu-lucunya, Balamuda. Pernyataan tadi juga sejalan dengan penjelasan BMKG soal prakiraan musim hujan di 2017/2018.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di http://www.bmkg.go.id/iklim/prakiraan-musim.bmkg, Awal Musim Hujan 2017/2018 di 342 Zona Musim (ZOM) diprakirakan umumnya mulai bulan Oktober 2017 sebanyak 131 ZOM (38.3%), November 2017 sebanyak 129 ZOM (37.7%), dan Desember 2017 sebanyak 39 ZOM (11.4%). Sedangkan beberapa daerah lainnya awal Musim Hujan terjadi pada Agustus 2017 sebanyak 12 ZOM (3.5%), September 2017 sebanyak 20 ZOM (5.8%), Januari 2017 sebanyak 1 ZOM (0.3%), Maret 2017 sebanyak 7 ZOM (2%), April 2017 sebanyak 2 ZOM (0.6%) dan Mei 2017 1 ZOM (0.3%).

Dengan kondisi hujan yang sering mampir ke Jogja, bikin jadi males kemana-mana, apalagi ke kampus buat kuliah. Beberapa pertimbangannya mungkin dari Balamuda ada yang mikir, “Ah paling dosen juga ga masuk kalo hujan gini”, “Ah males nyampe kampus basah, ngotor-ngotorin baju aja”, atau karena saking cuaca yang adem-adem gimana gitu kamu sampe mikir “Aku mau fokus seriusin kasur aku!”.

Nah, demi masa depan dan membahagiakan orang tua yang pengen kamu lulus cepet, ini ada beberapa saran buat kamu supaya tetep bisa semangat ngampus meski terhalang hujan

1.Musim Hujan Starter Pack

Hal yang pertama ini penting banget Balamuda. Biasanya mungkin kamu nyisihin uang bulanan buat beli baju atau sepatu baru, nah coba deh di bulan ini kamu sisihin uang bulanan kamu buat beli perlengkapan musim hujan kayak jas hujan, payung, tas anti air, sandal dan lain-lainnya. Karena hal-hal tadi itu bakal berguna banget kalo kamu terutama pengendara motor saat kamu diharuskan untuk pergi pas hujan lagi deres-deresnya.

 2. Sedia pakaian gelap dan tebal

Kadang kalo pake baju warna terang dan tipis, bikin kita jadi mager buat keluar pas hujan. Karena pakaian-pakaian gitu yang paling rawan buat basah dan bikin jadi pusat perhatian. Kalo kamu gak pengen pakaian keliatan basah, mending di musim hujan kayak gini utamain buat make pakaian yang berwarna gelap dan lebih tebal biar kalo kamu kebasahan gak begitu keliatan.

3. Obat anti masuk angin

Selain make up, charger, power bank, dan buku, kamu harus nambahin satu item lagi yang harus masuk ke dalam tas atau totebag kamu Balamuda. Yap, obat anti masuk angin. Kamu harus sediain itu karena kita gak pernah tahu kapan badan kita bakal drop. Jadi, kalo kamu udah ngerasa badan gak enak di musim hujan, obat anti masuk angin yang udah kamu siapin bisa langsung kamu gunain.

4. Jangan Boros Pake Baju

Mungkin biasanya kalo di hari biasa yang panas kamu dalam sehari bisa tiga atau bahkan empat kali ganti baju dengan alasan bosen, baju bau keringet, atau bau matahari. Tapi, kebiasaan itu mending kamu stop dulu di musim hujan kayak gini. Karena matahari yang jarang muncul, bikin kamu susah buat ngeringin pakaian yang udah dicuci. Jadi, lebih baik kamu awet-awetin deh tuh pakaian yang ada biar bisa dipake beberapa hari. Kan aneh nantinya karena kehabisan baju, kamu akhirnya terpaksa ke kampus pake daun pisang. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *