Cie UNY, Akreditasi Baru!

Balamuda, coba deh, bayangin kamu balik ke masa awal-awal waktu baru lulus SMA. Udah bayangin? Nah sekarang kamu inget, apakah Akreditasi termasuk satu hal yang jadi pertimbangan kamu buat masuk ke UNY? Mungkin beberapa dari kamu ada yang menjadikan akreditasi sebagai bahan pertimbangan buat masuk ke UNY karena Akreditasi jadi acuan bagus atau engganya sebuah kampus. Ada juga yang mungkin menganggap akreditasi jadi salah satu hal yang nantinya bisa memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Buat kamu yang belum begitu paham tentang Akreditasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lebaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu; 2. Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.

Berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 1961, di Indonesia, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Hasilnya berupa tiga tingkatan status, yaitu terdaftar, diakui, dan disamakan. Nantinya, hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit PT, pemberian bantuan, dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Nah kalo ngomongin soal Akreditasi nih, ada kabar gembira soal kampus kita tercinta nih. Karena, ada beberapa program studi dapetin akreditasi baru mereka. Simak yuk.

Dalam kurun waktu tahun 2017 ini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta telah divisitasi oleh BAN PT untuk menentukan mutu pada beberapa program studi. Hingga akhir tahun ini, telah terbit predikat akreditasi dari BAN-PT sebagai hasil dari field assessment yang telah dilaksanakan.

Pada jenjang magister (S-2), berhasil meraih akreditasi A antara lain Manajemen Pendidikan (MP), dan Bimbingan dan Konseling (BK)

sedangkan peraih akreditasi B (sebagai prodi baru) adalah Pendidikan Teknik Mesin (PTM), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan yang baru-baru ini adalah Psikologi.

Sementara itu, untuk jenjang Doktoral (S-3) berhasil terakreditasi A antara lain prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK), dan Manajemen Pendidikan (MP), sedangkan prodi Ilmu Pendidikan berhasil meraih predikat akreditasi B.

Yey! Selamat buat program-program studi di atas. Semoga setelah ini akan ada lagi program studi lain di UNY yang bakal dapetin akreditasi baru yang lebih tinggi dan bikin UNY lebih maju lagi. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *