Jas Biru Kebangganku

Pic : https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id

Bertempat di sebuah kota pelajar, membuat Universitas Negeri Yogyakarta tak sendirian sebagai sebuah kampus. Bersanding dengan ragam kampus mulai dari negeri ataupun swasta menjadikan kampus pendidikan ini terkadang dipandang sebelah mata. Mungkin, beberapa dari Balamuda juga masih ada yang kurang sreg dengan UNY meski sudah berkuliah di sini.

Padahal, dengan banyaknya prestasi dan kelebihan-kelebihan yang dimilikki UNY, seharusnya Balamuda bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar kampus yang memilikki ciri khas jas almamater berwarna biru ini. Pasalnya, berdasarkan survey berbasis data yang dilakukan oleh Wbometrics pada akhir Januari 2017, Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan sebagai kampus nomor 4 di Yogyakarta. Penobatan lain yang diberikan oleh Menristekdikti mengukuhkan UNY sebagai kampus nomor 5 di Indonesia dengan kinerja pengabdian masyarakat terbaik.

Selain itu, jika dilihat dari kacamata subjektif penulis, UNY memilikki beberapa kelebihan yang tak dimilikki kebanyakkan di kampus di Yogyakarta. Kelebihan pertama adalah kebebasan berekspresi melalui unit kegiatan mahasiswa. Pengelolaan Unit Kegiatan Mahasiswa dalam satu gedung bernama Student Center terlihat sangat rapi dan tertata. Tiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh UKM didukung penuh oleh pihak kampus selama itu adalah kegiatan yang positif. Pihak protokoler juga terlihat mendukung UKM-UKM yang ingin mengikuti lomba baik dalam skala lokal, nasional, ataupun internasional.

Kelebihan kedua adalah tersebarnya ruang diskusi. Mulai dari taman-taman di depan halaman rektorat, perpustakaan pusat, foodcourt, belakang dekanat kampus, cafe, student center, juga tempat-tempat lain yang tersebar di daerah Colombo. Ekspansi tempat memang seharusnya ada dan terasa perbedaan saat telah menjadi mahasiswa dibanding saat menjadi siswa. Dengan banyaknya pilihan tempat tadi, UNY telah memberikan perbedaan rasa tersebut.

Dua hal tadi adalah contoh kecil yang sebenarnya tak terasa namun cukup berpengaruh dengan kenyamanan berkuliah. Untuk menjadikan sebuah kampus menjadi kampus terbaik, tak melulu perihal nilai dan akreditasi. Jika UNY sudah membuat hari-hari perkuliahanmu menyenangkan, tak perlu malu untuk bilang, Jas biru kebangganku! (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *