Ospek, Kamu Berubah!

Image Source : http://unycommunity.com/wp-content/uploads/2016/06/OSPEK-FE.jpg

Akhir Agustus, setidaknya untuk kampus tercinta kita UNY, jadi tanggal penting karena dari tanggal 21-24 Agustus 2017 akan jadi ajang Mahasiswa Baru UNY mengenal kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Tapi, ada yang berbeda di tahun 2017 ini, karena wadah untuk Mahasiswa Baru mengenal kampus yang tadinya bernama OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) sesuai dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor: 468/B/SE/2017 kini telah berubah namanya jadi PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Hampir sama kayak OSPEK, mengutip dari surat edaran tersebut, tujuan PKKMB itu adalah memperkenalkan, mempersiapkan, dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela Negara, Radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Jadi gak cuma UNY aja, perubahan dari OSPEK menjadi PKKMB juga diikutin sama seluruh kampus yang ada di Indonesia, Balamuda. Tapi ada satu kampus di Yogyakarta yang gak ngikutin kebijakan ini, yaitu Mirota Kampus. Yak.

Denger-denger sih, ya Balamuda, katanya pergantian nama OSPEK jadi PKKMB juga dipantik karena pemerintah pengen ngerubah pandangan lama orang-orang tentang kegiatan pengenalan kampus buat mahasiswa baru yang dulu sering diidentikan dengan perpeloncoan. Nah makanya, ada inisiatif untuk merubah pandangan itu. Buat wujudin perubahan itu, perlu kayak panduan teknis yang mengikat semua pelaksana, peserta, dan pengawas dalam sebuah sistem yang berpedoman dengan harapan supaya proses pengenalan kehidupan kampus di tahun ini berjalan baik. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *