Resolusi Lagi

Gak cuma dateng di akhir tahun, kata “resolusi”, “keinginan”, “mau memperbaiki diri”, dan semacamnya juga sering keluar waktu masa semester baru akan datang. Berasaskan ketidakpuasan dengan hasil yang didapet selama semester kemarin, bikin beberapa orang jadi pengen dapetin sesuatu yang beda dari sebelumnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Kalo di-cocokologi-kan dengan kehidupan mahasiswa sih, karena antar tiap semester ada jeda liburan dan biasanya liburan itu dipake buat pulang ke rumah masing-masing untuk bertemu dengan keluarga dan orang tua, nah disitulah permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh musyawarah muncul (sesuai dengan definisi resolusi). Tiap lingkungan keluarga, pasti punya keinginan sendiri-sendiri kalo soal prestasi akademik, nah biasanya itu yang bikin beberapa mahasiswa terpacu buat ngelakuin hal yang lebih lagi di semester berikutnya. Tapi, keingingan-keingingan tersebut gak jarang berbuah ke-stress-an yang dialami sama mahasiswa itu sendiri. Bentuk dari stressnya pun macem-macem, ada yang ngebet pengen pindah jurusan, pindah kampus, bahkan ada juga yang berpikiran pengen kerja aja jadi jasa angkut pindah kos-kosan.

Sebenernya, Balamuda, kalo misalnya kamu emang bener-bener ngedapetin sesuatu yang lebih dari semester sebelumnya, kamu harus mulai ngerubah pola pikir kamu. Kebanyakkan dari kamu mungkin berpikiran saat bilang “resolusi aku tahun ini pokoknya nilai harus lebih bagus dari semester sebelumnya”. Mending, daripada kamu menargetkan apa yang harus kamu hasilkan, lebih baik kamu menargetkan apa yang harus kamu lakukan.

Masih dalam lingkup perkuliahan, kalo misal kamu punya target buat dapetin nilai yang tinggi, mending kamu mulai dengan list apa aja yang harus kamu lakuin selama semester itu. Dimulai dari menghilangkan hasrat buat absen (atau titip absen) di kelas, terus lanjut buat bikin jadwal rutin buat ke perpustakaan seminggu sekali, juga membuat notes atau pengingat tugas kuliah apa aja yang harus kamu lakuin tiap minggu.

Dengan kamu menargetkan apa yang harus kamu lakukan, pasti kamu bakal fokus ke jadwal-jadwal kegiatan yang kamu buat selama satu semester. Secara gak langsung, itu bakal memperbaiki pola kuliahmu dan berimbas pada kenaikkan IP kamu, Balamuda.

Contoh di atas tadi bisa disesuaikan dengan resolusi apa yang kamu buat untuk semester baru besok, Balamuda. Intinya, buat resolusi kamu gak mengikat, tapi jalani dengan konsistensi. Berikan juga ruang untuk diri kamu sendiri meng-eksplorasi diri biar gak terpaku sama satu target yang harus dihasilkan, tapi dengan membuat to-do-list untuk mewujudkan beberapa keinginan. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *