Bahagia Mana, Liburan atau Beli Barang Kesukaan?

Beberapa dari kamu pasti ada juga yang sempet ngalamin dilema kayak gini, pas lagi ada uang, eh kebetulan juga ada tempat wisata baru dan ada diskon gede-gedean dari satu brand yang disuka secara bersamaan. Bikin bingung harus pilih yang mana. Saat itu, kita pasti mikir dan mempertimbangkan enak dan gak enaknya kalo milih satu di antara pilihan tersebut.
Meski dua-duanya menyenangkan, tapi pasti tetep aja banyak hal-hal yang bergelayut di kepala. Misalnya:
“Kalo liburan, kan masih bisa nanti. Diskon nih yang jarang-jarang”
“Duh, kalo gak liburan ke tempat ini, nanti jadi keburu gak happening lagi pasti!
“Kira-kira kalo liburan dulu dan beli barangnya dua bulan lagi, masih ada gak ya?!”
“Duh, aku lebih butuh liburan atau barang baru, ya?!”
Sebenernya, Balamuda, kalo ngebandingin antara liburan atau belanja, sebenernya dua kegiatan ini punya takaran kebahagiaan yang berbeda. Ada studi dari Boldsky, di mana mereka mengamati beberapa koresponden yang berbelanja dan juga mereka yang pergi liburan.
Ternyata, kalo kamu milih pergi liburan, meski jangka waktunya pendek, tapi kebahagiaan yang kamu rasain bakal lebih intens dan besar. Selain itu, kamu juga akan tetep ngerasain kebahagiaan setelah beberapa taun kemudian dan mengingat waktu-waktu dan kenangan kamu selama liburan.
Beda hal dengan menghabiskan uang untuk belanja, saat berbelanja, kamu akan merasakan kebahagiaan yang teramat besar saat itu juga. Merasakan sensasi kepuasan karena telah berhasil memenuhi apa yang kamu impikan sejak lama. Namun, rasa bahagia itu hanya akan bertahan sesaat, saat kamu sudah memilikki impian lain untuk kamu penuhi.
Terlepas dari itu semua, pilihan tetap ada di diri masing-masing, Balamuda. Kamu juga harus memprioritaskan apa yang dibutuhkan oleh diri kamu. Semisal memang barang yang kamu impikan tersebut akan berguna untuk kamu dalam jangka panjang, tak ada salahnya menghabiskan uang yang kamu punya untuk berbelanja. Namun, jika tubuh dan pikiran kamu benar-benar butuh penyegaran, alangkah baiknya kamu segera mengemas barang dan merencanakan perjalanan ke suatu tempat.
Meski tak bisa membeli kebahagiaan, paling tidak caramu menghabiskan uang bisa menentukan kebahagiaan apa yang akan kamu simpan dalam ingatan. (DHK)

Image : patter.at/wp-content/uploads/2015/06/portrait_portfolio_patter_001-5.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *