Liburan Menyenangkan Tanpa Menghamburkan Uang

Masa peralihan dari semester genap menuju semester ganjil kembali, adalah masa yang paling ditunggu oleh mahasiswa, yap masa itu adalah masa libur panjang selama dua sampai tiga bulan. Terbentur oleh penerimaan mahasiswa baru, membuat libur di akhir semester sangat mengenyangkan pun menyenangkan. Biasanya, saat-saat seperti ini diisi oleh beberapa mahasiswa untuk menuntaskan rindu dengan keluarga dan juga ada yang memanfaatkannya dengan liburan bersama teman. Tapi, dengan libur yang selama itu, kadang suka bosen kalo tiap hari gak ngapa-ngapain dan cuma tidur-makan-tidur-makan aja. Sekalinya pergi, cuma menghambur-hamburkan uang aja. Nah, buat mengantisipas hal tersebut, kamu bisa ngebuat rencana dan milih kegiatan-kegiatan yang produktif tapi tetep bikin liburan kamu gak ngebosenin, Balamuda. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakuin buat ngisi liburan kamu nih:

1. Memperbaiki Nilai

Sebelum menghela nafas dan menikmati liburan, sebaiknya kamu cek dulu nilai kamu di semester ini, kira-kira ada yang nantinya bakal mempersulit kamu untuk meningkatkan prestasi akademik kamu gak di semester berikutnya. Atau mungkin, ada beberapa nilai yang kamu ngerasa belum cukup dan kamu ngerasa bisa ngedapetin nilai yang lebih tinggi lagi. Kamu bisa manfaatin liburan kamu dengan ikut semester pendek. Karena biasanya kelas semester pendek dimulai setelah beberapa minggu libur dari bangku perkuliahan, kamu tetap bisa meluangkan waktu untuk rehat tapi juga bisa memperbaikki nilai akademik kamu.

2. Cari uang tambahan

Karena biasanya masa liburan adalah masa yang paling efisien untuk mengambur-hamburkan uang, kamu bisa mengantisipasi hal tersebut dengan coba cari kerjaan part-time, Balamuda. Kamu bisa mulai melamar ke sebuah perusahaan setelah kamu sudah merasa cukup liburan. Berbekal cv kreatif dan tanpa ijazah, kamu bisa memanfaatkan fase bosen kamu saat liburan dengan mengenal orang baru dan juga melakukan pekerjaan baru, dapet duit lagi. Sukur-sukur kalo cocok, kamu bisa nerusin kerjaan kamu itu sampe lulus nanti.

3. Nambah pengalaman Organisasi

Kalo kamu adalah tipe orang yang paling gak bisa diem dan kalo sekalinya diem malah uring-uringan, ikut organisasi di kampus udah paling pas deh buat kamu, Balamuda. Karena biasanya libur semester genap diikuti dengan penerimaan mahasiswa baru, kamu bisa tuh ikut jadi panitia OSPEK di fakultas kamu atau universitas kamu. Lumayan, bisa nambah pengalaman, atau justru nambah gebetan.

4. Memperluas Pengetahuan

Tau sendiri lah, sekarang ini kalo misal cuma mengandalkan ijazah kuliah aja pasti gak cukup, Balamuda. Kita harus membekali diri dengan banyak keahlian. Masa-masa libur panjang di akhir perkuliahan semester genap kayak gini yang harus dimanfaatkan buat itu. Kamu bisa ikut seminar, workshop, ataupun kelas umum yang sesui dengan bidang perkuliahan yang diambil atau juga bisa mengikuti kursus/les sesuai dengan hobi kamu, seperti fotografi, memasak atau bermain musik.

Dengan waktu liburan yang cukup lama, kamu bisa ngebagi waktu buat istirahat saat liburan dan juga untuk menyibukkan diri dengan suatu kegiatan, Balamuda. Yang terpenting, selama kamu senang menjalani semuanya, liburan kamu bakal terasa menyenangkan, tanpa harus membuang-buang uang. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *