Nostalgia Ramadhan Seru Waktu Kecil Dulu

Tiap Ramadhan datang, pernah gak sih Balamuda ngerasa ada perubahan di bulan Ramadhan setiap tahunnya? Apalagi, dengan  bertambahnya umur yang kayaknya cepet banget, meski bermakna, tapi jadi bikin Ramadhan jadi kurang warna. Di masa-masa kecil, kita semua selalu meninggalkan Ramadhan dengan kesan yang macem-macem. Pasti, banyak dari Balamuda yang kangen buat ngelakuin hal-hal di bawah ini:

1.Ngabuburit Keliling Komplek

Source: https://yanuarachmad321.files.wordpress.com/2013/01/anak-sd-tuktuk.jpg

Kebanyakkan dari kita yang udah remaja gini, pasti lebih banyak ngabisin waktu menjelang buka buat nugas, di kampus, atau aktivitas lainnya. Sekalinya gak ada kegiatan, paling juga jalan-jalan cuma buat sekadar nyari takjil. Beda sama waku kecil dulu, di mana kita tiap sore jalan gak jelas kemana arahnya bergerombol bareng temen-temen cuma buat nunggu adzan berkumandang. Kadang, di sela-sela perjalanan, juga suka iseng buat mencetin bel rumah orang.

 

2. Puasa Setengah Hari

Source: http://2.bp.blogspot.com/-EpVBXZq9p4Y/VnydqmI1q7I/AAAAAAAADBY/HOdhGy_N74s/s1600/5375418-Twelve-O-Clock-Stock-Photo.jpg

Ini juga jadi salah satu hal yang dikangenin waktu kecil nih. Kita melaksanakan puasa pake check point, alias ada jedanya. Walaupun ikut sahur barengan sama orang-orang dewasa lain, dulu orang tua kita pasti mengizinkan buat buka padahal masih jam 12 siang.  Kalo udah selesai makan dan minum, baru deh puasanya dilanjut lagi. Enaknya, ya.

3. Jauh dari Ghibah

Source: http://cfile217.uf.daum.net/image/2568F84A5807EE360AEB6E

Kalo waktu kecil mah, cobaan di Bulan Ramadhan ya cuma nahan lapar sama haus. Itupun kadang udah ngerengek-rengek minta buka. Kalopun bisa puasa sampe maghrib, biasanya karena diimingi-imingi sama orang tau dapetin barang/makanan yang dipengen. Beda kalo udah remaja kayak gini, cobaan nambah satu, yap, cobaan buat gak ngomongin orang. Haha.

4. Dapet THR

Source: http://media.keepo.me//keepo.me-1443bqc.jpg

Ini nih, juga jadi salah satu hal yang bikin pengen kita balik ke masa masih belia. Semakin dewasa, meski kebutuhan semakin banyak, tapi justru makin sedikit lingkungan di keluarga yang ngasih kita uang Tunjangan Hari Raya. Sekalinya ada yang ngasih, paling cuma beberapa, gak sebanyak yang ngasih uang THR waktu masih kecil.

Kalo ngomongin masa kecil, apalagi pas di bulan Ramadhan, banyak banget ya Balamuda yang bisa diinget-inget.  Hari-hari selama puasa, dilewatin tanpa beban dan menyenangkan. Tapi, secara gak sadar, semua keseruan-keseruan yang dilewatin bareng temen dan keluarga, tiba-tiba udah ilang, dan tentunya, gak bisa kita ulang lagi. (DHK)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *