Alasan-Alasan Nolak Bukber yang Gak Bikin Dikucilin Temen

Ramadhan, selain jadi bulan yang penuh berkah, juga jadi bulan yang penuh dengan ajakkan bukber. Eh? Balamuda nyebutnya bukber atau buber sih? Ya pokoknya buka bersama deh intinya. Mulai dari yang terlaksana sampe yang cuma wacana, pasti obrolan soal buka  bersama menuhin ruang obrolan grup di handphone selama bulan Ramadhan. Tapi, dari sekian banyak grup atau temen yang ngajakkin buat buka bersama, pasti ada beberapa ajakkan buka bersama yang sebenernya kamu males buat dateng tapi bingung gimana nolaknya. Biar bisa lepas dari ajakkan bukber tapi gak bikin kamu dimusuhin dari lingkungan pertemanan, kamu bisa jadiin beberapa kalimat ini jadi alasan buat gak dateng ke undangan buka bersama:

1.Bakal Buka Bareng Keluarga

Source: http://68.media.tumblr.com/07f15d2922fa62151c86839d2c91d922/tumblr_inline_mnmd6uz75U1s12ggt.jpg

Ya, kalo udah urusan keluarga, pasti temen-temen kamu bakalan ngertiin kalo misalnya kamu gak ikut buka bersama bareng mereka. Karena kalo udah ngeluarin kalimat ini, gak mungkin temen-temen kamu bilang “Yaudah, ajak aja orang tua kamu!”. Jadi, pasti aman.

2. Lagi Banyak Pengeluaran

Source: http://media.istockphoto.com/photos/showing-an-empty-wallet-picture-id594481556?k=6&m=594481556&s=612×612&w=0&h=f6WCX_GwjSVt1i4KGa_Jt_Su6YdAQjIZ9G5AUPS7IeQ=

Kamu juga bisa mengandalkan isi dompet kamu sebagai senjata kalo misalnya kamu gak mau ikut satu acara bukber.  Apalagi buat Balamuda yang anak kos, pasti temen-temen kamu ngertiin deh kalo kamu bilang kondisi keuangan lagi kondisi UGD alias Uang Gawat Darurat. Tapi, kamu harus siapin jawaban “Ah enggak usah, gak enak lah” kalo temen-temen kamu bilang “Udah, tenang. Nanti aku yang bayar” sampe temen kamu itu nyerah.

3. Belum atau Udah Pulang Kampung

Source: http://i.ebayimg.com/00/s/NjkzWDY5Mw==/z/n64AAOxylpNTRpUj/$_12.JPG?set_id=880000500F

Alasan belum atau udah pulang kampung bisa kamu sesuaiin dengan temen mana yang ngajak kamu buka bersama. Kalo kamu posisinya adalah mahasiswa yang jauh dari rumah dan yang ngajak buka bersama adalah temen rumah kamu, kamu bisa pake alasan belum pulang kampung. Tapi, kalo yang ngajak buka bersama adalah temen kampus kamu dan kamu males buat ikut, kamu bisa pake alasan udah pulang kampung biar kamu bisa gak ikut acara buka bersama tersebut.

Tapi, kalo misalnya kamu pengen gak dateng waktu diajakkin buka bersama bareng temen, kamu harus nyesuaiin kalimat-kalimat di atas tadi sesuai dengan kondisi kamu sebenernya, Balamuda. Biar, alasan kamu itu bukan alasan yang dibuat-buat alias jujur. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *