Tips Menghadapi Deadline yang Pendek

Sebagai mahasiswa, tentu kalian semua udah familiar sama istilah deadline kan? Deadline secara terminologi bisa kita artikan sebagai “batas waktu”. Istilah deadline sendiri deket banget kaitanya sama suatu pekerjaan, dimana deadline adalah batasan akhir suatu pekerjaan harus diselesaikan. Predikat mahasiswa pun mengantarkan kita berhadapan dengan banyak pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang bentuknya penugasan kuliah, sampai pekerjaan yang berkenaan dengan kelangsungan organisasi. Dan yak, semua bentuk pekerjaan tersebut pasti punya deadline-nya masing-masing yang harus ditaati.

Deadline kadang bisa jadi mimpi buruk bagi kita. Bayangin aja kalau kita cuma punya  waktu yang sedikit buat rampungin pekerjaan yang numpuk. Kepanikan mungkin banget menghampiri kita, dan hasil pekerjaan tentunya bakal dipertaruhkan di sini. Kemungkinan terburuk juga bisa jadi nyata kalau pekerjaan tersebut malah nggak selesai. Maka dari itu, berurusan dengan deadline yang pendek butuh beberapa strategi yang harus dicermati, terutama bagi kita para mahasiswa yang juga punya banyak tanggungan pekerjaan.

Yuk simak beberapa strategi menghadapi deadline yang pendek :

1.Tetap tenang

Menjelang deadline, kepanikan sangat mungkin menghampiri kita. Kepanikan sendiri merupakan suatu hal yang wajar banget terjadi dalam diri manusia. Dengan adanya rasa panik, cara kita mengerjakan sesuatu  juga bisa terpengaruhi jadi kurang optimal. Maka dari itu kita harus mampu meredam kepanikan dengan ketenangan, yang mana bakal lebih memungkinkan kita buat berpikir jernih dalam menyikapi pekerjaan secara optimal.

2. Fokus

Dalam menghadapi pendeknya deadline, kita juga harus bisa fokus. Sikap fokus bakal menjaga diri kita menghadapi tekanan-tekanan yang ada sehingga kita nggak terganggu dalam proses pengerjaan. Dengan bersikap fokus pula kita bisa memaksimalkan hasil pekerjaan kita walaupun cuma melalui waktu pengerjaan yang sedikit.

3. Jangan Buang-Buang Waktu

Lupain istirahat sejenak yang nggak perlu waktu menghadapi deadline. Baring-baring sambil main media sosial atau nonton TV bukan hal yang sebanding buat kita lakuin di sini. Meskipun terasa menyenangkan, hal-hal tersebut bisa menyita waktu yang besar tanpa kita sadari. Maka dari itu, jangan sia-siakan waktu yang udah terlanjur singkat.

4. Lakukan Hal Menyenangkan Selepas Deadline

Berhadapan dengan pendeknya deadline bakal sangat melelahkan. Secara fisik maupun mental bakal kita rasakan dampaknya. Setelah kita berhasil menaklukan deadline, alangkah baiknya kalau kita memberikan hadiah buat diri kita sendiri. Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti hangout, dengaein musik, atau malah tidur bakal sangat mengobati kelelahan kita loh.

Begitulah kira-kira strategi yang bisa lakukan ketika berhdapan dengan deadline yang pendek. Dengan begitu kita bakal lebih optimal waktu menyelesaikan pekerjaan kita. (MGG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *