Hal-hal yang Bisa Dicobain di Samping Kuliah

Kita semua pasti ngerti Balamuda gimana pentingnya perkuliahan yang kita jalani. Nggak ada salahnya kan kalau kita coba melakukan hal lain di luar urusan perkuliahan. Kewajiban kita sebagai mahasiswa yang akademis jangan dijadikan penghalang untuk ngelakuin hal-hal lain. Apalagi kita bisa saja mendapatkan manfaat yang belum tentu kita dapat dari kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas.

Yuk simak 5 hal berikut yang bisa kita lakuin di samping kuliah, dan yang pastinya tetap berfaedah:

1.Terjun ke Kepengurusan Organisasi

Sebagai mahasiswa, keberadaan organisasi adalah hal yang lumrah di sekeliling kita. Dan saat ini pun berbagai bentuk organisasi bisa dengan mudah kita temuin di dalam maupun di luar tembok kampus.

Nah, alangkah sangat bermanfaatnya kalau kita mencoba terjun ke dalam salah satu organisasi tersebut. Kita bakal belajar lebih mengenai tanggungjawab di dalam kepungurusan organisasi. Selain itu kemampuan bekerjasama juga bakalan semakin tertempa. Di sisi lain, organisasi bisa jadi tempat belajar untuk mengembangkan kreatifitas kita.

2. Dalami dan tempa hobimu

Kamu pasti punya suatu hobi tertentu kan Balamuda? Coba bagi waktu perkuliahan dengan kegiatan yang bisa mengasah hobi kita. Seperti memasak, menggambar, bermusik sampai berburu objek fotografi, mungkin saja kemampuan kita dalam hal tersebut bakal berguna suatu saat. Di lain sisi, kita juga bisa mengurangi kejenuhan dengan ngelakuin dan menikmati hobi kita.

3. Pikirin untuk cari uang tambahan

Uang pasti jadi hal yang “sakral” bagi seorang mahasiswa seperti kita, Balamuda. Apalagi bagi mahasiswa rantau yang uang sakunya dijatah bulanan. Salah satu cara terbaik untuk dilakuin di samping perkuliahan adalah cari uang tambahan.

Untuk memiliki uang tambahan, kita nggak perlu ribet-ribet kok Balamuda. Kita juga nggak harus mengalokasikan waktu yang banyak. Kita cukup melamar bekerja part time di sebuah kedai kopi, tokok buku, atau kedai fotokopian di kampus. Selain bekerja part time, kita juga bisa mulai belajar berwirausaha, seperti menjadi vendor produksi kaos atau sekedar jualan camilan buatan sendiri.

lumayan lho Balamuda, buat tambahan jajan dari hasil cucuran keringat sendiri.

4. Traveling saat libur panjang

Mumpung kita masih muda, traveling adalah hal yang wajib kita coba. Sebagai mahasiswa pun kita pastinya punya porsi libur yang panjang di akhir semester. Bayanginn kesenangan yang bisa kita dapat dengan traveling di waktu tersebut, apalagi bersama teman-teman dekat.

Untuk traveling ini, pikirin tujuan yang sesuai dengan kemampuan dan dana yang kita punya. Nggak harus jauh-jauh, tujuan yang dekat pun tetap bakal terasa menyenangkan di hati. Perencanaan pun juga harus kita pikirin matang-matang dari jauh hari, dengan begitu agenda traveling kita akan semakin tertata.

Nah begitu kira-kira 4 hal yang bisa kita lakuin di samping melaksanakan tanggungjawab kita di perkuliahan. Masing-masing pastinya punya manfaat tertentu yang bisa kita dapat. Mumpung masih muda dan punya waktu kosong yang banyak, yuk jangan lupa cobain hal-hal baru! (MGG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *