Pesona Pantai-pantai Gunungkidul sebagai Pereda Kejenuhan

Kejenuhan tentunya bukan istilah yang asing lagi bagi mahasiswa di zaman seperti sekarang ini. Rutinitas yang dilalui dengan berbagai perihal seputar perkuliahan pastinya memberikan kontribusi terhadap kejenuhan itu sendiri. Aktivitas-aktivitas lain di luar akademis seperti kepanitiaan acara maupun keorganisasian pun juga pada akhirnya mampu mengantarkan diri mahasiswa pada suatu titik jenuh. “Pelarian”, merupakan sebuah jalan dan pilihan yang mampu menjawab kejenuhan tersebut.

Di Wilayah D. I. Yogyakarta, mahasiswa diberikan alternatif yang luas dalam berhadapan dengan kejenuhan. Berbagai obat penghilang rasa jenuh dapat ditemukan di sudut-sudut daerah yang istimewa ini. Dan sebagai salah satu Wilayah yang memiliki estetika alam yang tinggi, D. I. Yogyakarta pun menyediakan deretan wisata alam yang dapat digunakan sebagai pelarian.

Gunungkidul, merupakan salah satu keindahan provinsi ini yang menawarkan keelokan pantai-pantainya. Meskipun jarak menuju pantai-pantai di Gunungkidul tergolong cukup jauh dari pusat provinsi, namun nuansa alamnya mampu memberikan pelarian yang sangat berharga.

Sebut saja Pantai Drini, pantai dengan ombak yang tenang dan dilengkapi pemandangan Pulau Karang. Pantai ini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunungkidul karena terdapat sebuah pulau kecil di tengahnya yang membagi pantai menjadi dua bagian. Bila laut sedang surut, Pulau Karang tersebut dapat dikunjungi. Tangga beton pun disediakan bagi para pengunjung agar mudah menapakan kaki di pulau tersebut. Dari Pulau Karang, dapat terlihat seluruh bagian Pantai Drini, mulai dari gunungan alang-alang atap gazebo hingga deretan perahu nelayan.

Kemudian ada pula Pantai Pok Tunggal, terdiri dari hamparan luas pasir putih yang bersinar indah. Pesona pantai ini dihiasi oleh barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Pantai Pok Tunggal juga memiliki beberapa mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Keindahan lain dari pantai ini dapat dinikmati pada saat senja, dimana proses tenggelamnya matahari dapat dinikmati secara jelas.

Selain itu, Pantai Kesirat pun memiliki keindahan yang tak kalah saing. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunungkidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar.

Keindahan pantai-pantai di Gunungkidul pun tidak hanya tercermin dari ketiga pantai di atas. Pantai-pantai lain seperti Pantai Siung, Pantai Indrayanti, dan Pantai Sundak memiliki pesonanya masing-masing yang dapat dijadikan sebagai pelarian. Melalui keberadaan-keberadaan tersebut, pengelolaan rasa jenuh terasa menjadi lebih mudah untuk dilakukan bagi para mahasiswa di area D. I. Yogyakarta. (MGG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *