Jauh Dari Kota Asal, Nyari Kos Jangan Ngasal

Kayaknya, bentar lagi bakalan ada 101.906 orang-orang baru yang bakalan ngerasain rasanya belajar pake baju bebas, gak perlu bawa topi dan ikat panggang saat senin, ataupun masuk setengah tujuh pagi setiap hari. Yap, angka itu tadi adalah jumlah siswa yang diterima di PTN di seluruh Indonesia lewat jalur SNMPTN tahun 2017 ini, Balamuda. Apakah kamu satu di antaranya?

Pastinya, kalo kamu udah dipastiin lolos masuk perguruan tinggi, apalagi kamu yang diterima di PTN yang lokasinya asing dan jauh dari tempat  tinggal kamu, bakalan nyiapin hal-hal yang dibutuhin secara mateng; mulai dari berkas-berkas, nyari tau lokasi persis kampus yang nerima kamu, dan yang paling penting, nyari tempat tinggal alias kos buat kamu selama tinggal di sana.

Tapi, karena nantinya bakalan jadi rumah kamu selama merantau, kamu harus nyari kos-kosan yang bakalan kamu tempatin secara bener, Balamuda. Ya, gak cuma buat Balamuda yang keterima SNMPTN aja, ini berlaku buat anak rantau lainnya yang emang lagi nyari kos karena kebutuhan lain atau mau pindah kos gara-gara gak nyaman sama kosan sebelumnya. Kamu harus merhatiin beberapa hal ini kalo misalnya kamu pengen nyari kos-kosan buat ditempatin:

 

1. Fasilitas

Source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/d9/f8/44/d9f844704161ea534a23776617edbca1.jpg

Saat lagi pengen nyari kos, kamu harus nentuin, fasilitas apa aja yang pengen kamu dapetin dari kos kamu. Kayak  pengen nyari kos yang punya space gede di dalemnya, punya kamar mandi dalem, ada AC, Wi-fi, atau sebagainya. Karena nantinya, fasilitas-fasilitas tersebut tadi yang bakal jadi salah satu faktor pendukung buat bikin kamu ngerasa nyaman walau jauh dari orang tua.

 2. Jam Malam

Source: http://68.media.tumblr.com/tumblr_mek88m6KW21rm8mazo1_1280.jpg

Selain soal tempat dan kondisi kos-kosan, kamu juga harus merhatiin perihal jam malam yang diterapin sama kos-kosan yang bakal kamu tempatin. Kalo misalnya kamu adalah tipe orang yang gak suka diatur apalagi diburu-buru pulang kalo lagi ada suatu kegiatan, kamu harus nyari kos-kosan yang punya jam malam yang gak terlalu ketat. Apalagi, kalo ternyata nantinya ada satu hal penting yang mengharuskan kamu buat keluar malem, kamu gak perlu repot nyari tebengan tidur kalo kos-kosan kamu punya jam malam yang fleksibel.

3. Lokasi

Source: http://www.acraccreditation.org/~/media/ACRAccreditation/Hero-Images/hero-location-map.png?h=259&la=en&w=425

Lokasi yang deket dengan kampus / tempat aktifitas harianmu kudu kamu masukkin List sebagai hal-hal yang mesti kamu perhatiin saat pengen nyari kos-kosan buat kamu yang susah banget buat bangun on-time. Karena kita gak pernah tau kapan bakal apes, siapa tau, kalo misalnya kita dapet kos yang lokasinya jauh dari tempat kamu ngelakuin kegiatan yang sifatnya daily, dan ternyata dalam beberapa kasus kamu kelamaan membuka mata saat tidur yang bikin kamu telat, itu pasti bakalan ngaruh sama kegiatan yang pengen kamu lakuin, Balamuda.

Selain itu, kamu juga harus nyari lokasi kos-kosan yang tempatnya ada di pusat kota. Yaitu, kos-kosan tersebut dilewatin sama banyak kendaraan umum dan juga punya beragam pilihan tempat makan, karena itu bakal lebih mudahin kamu buat ngelakuin segala macam aktivitas.

 

4.Harga

Source: https://cdn.brilio.net/news/2015/06/24/6961/21588-coretan-uang-kertas.jpg

Setelah semua kriteria kos-kosan idaman kamu udah terpenuhi, kamu juga harus mastiin kalo kos-kosan itu sesuai dengan budget kamu, Balamuda. Karena, kalo kamu maksain buat tinggal di tempat yang harus menguras kantong dalam-dalam, baik soal bayar-membayar masih diurusin sama orangtua atau sendiri, nantinya hal itu bakal berimbas ke kamu juga. Dengan gak sesuainya budget dengan kemampuan kamu, itu bakalan bikin kamu gak betah di kos karena keseringan ditagihin uang bulanan sama Ibu kos.

Beberapa hal tadi bisa jadi bahan pertimbangan buat Balamuda yang sekarang lagi kebingungan nyari kos-kosan buat ditempatin. Intinya, carilah kos-kosan yang bikin kamu senyaman mungkin sampe kamu ngerasa kayak ada di rumah. Meski gak sama, paling nggak kos-kosan yang bakalan kamu pilih nanti harus bikin kamu betah lama-lama di sana dan punya suasana yang sesuai dengan apa yang kamu pengenin, Balamuda. Karena nyari kos sama kayak nyari pasangan, harus yang nyaman dan bikin kerasan. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *