Hafal Datangnya Ramadhan Tanpa Liat Hilal

Ramadhan, adalah bulan yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tiap tahunnya, kegiatan serta perayaan di bulan ramadhan dilakukan berbeda oleh setiap orang. Tapi, meski begitu, ada beberapa perubahan sama yang terjadi setiap tahun tiap menjelang Ramadhan. Gak perlu jauh-jauh, perubahan-perubahan itu terjadi pada hal yang ada di sekitar kamu, Balamuda. Berikut adalah perubahan-perubahan yang terjadi untuk menandakan datangnya Ramadhan:

Televisi

Source: https://68.media.tumblr.com/ae9878958c7598a7ea4d78fe221db564/tumblr_o1cbixVeSf1qgivo1o8_r1_1280.jpg

Perubahan yang sangat jelas terjadi untuk nandain kalo bulan Ramadhan udah deket adalah dengan ngeliat konten-konten yang ngeramein televisi di Indonesia. Layaknya tradisi, konten-konten berikut selalu muncul tiap tahun saat menjelang bulan Ramadhan; seperti iklan sirup, iklan layanan masyarakat untuk menolong sesama, dan juga sinetron/film religi yang tayang di jam prime time.

Mall

Source: http://data.whicdn.com/images/8643252/large.jpg

Saat menjelang Ramadhan, cobain deh Balamuda ngerasain jalan ke mall, pasti bakalan ngerasa ada sesuatu yang beda. Tiap mendekati Ramadhan, kebanyakkan mall pasti bakal muterin lagu-lagu religi yang lawas ataupun lagu religi terbaru. Padahal, biasanya mall itu seringnya muterin lagu-lagu yang berecerita tentang putus cinta atau diselingkuhin temen sendiri. Agak drastis ya perubahannya, Balamuda. Gak cuma itu, selain muterin lagu religi, di kebanyakkan mall juga biasanya bakalan ngadain diskon yang lumayan menggiurkan buat pakaian/atribut yang berbau lebaran.

Tempat Makan

Source: http://infomakan.com/wp-content/uploads/2008/10/img_4108.jpg

Hal lain yang nandain kalo Ramadhan bakalan dateng adalah tempat makan. Tapi, bukan sembarang tempat makan, iasanya, tempat makan ini disebut tempat makan mood-moodan. Ya gitu, karena pasti ada beberapa tempat makan langganan kamu yang bukanya cuma pas Bulan Ramadhan aja. Biasanya, tempat makan ini ngejual makanan khas yang biasa ada di bulan Ramadhan, seperti kolak, es kelapa, es buah, atau goreng-gorengan.

Grup

Source: http://data.whicdn.com/images/18219618/large.jpg

Satu lagi nih, yang ngasih kamu sign kalo Ramadhan udah deket. Yap, grup di gadget kamu. Grup-grup di LINE, Whatsapp, BBM kamu yang biasanya sepi dan isinya cuma broadcast event atau jualan produk, menjelang ramadhan pasti ada beberapa dari grup itu yang tiba-tiba rame dengan omongan “Bukber Yuk! Cocokkin jadwal dari sekarang, biar gak bentrok.” Ya, meskipun pada akhirnya, beberapa ajakkan-ajakkan bukber kayak gitu cuma wacana alias ngomong doang sih.

Beberapa perubahan tadi adalah buat nandain kalo Ramadhan bakalan dateng, ya, Balamuda. Kalo soal urusan kapan hari pertama puasa di bulan Ramadhan, jangan liat perubahan-perubahan di atas, tapi tetep harus manut sama pihak-pihak yang terpercaya. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *