Kenapa sih Toga Layak Diperjuangkan saat Kuliah?

Salah satu tujuan memasuki dunia perkuliahan tentunya untuk segera lulus dengan hasil yang baik. Kelulusan itu pasti udah sangat kamu tunggu-tunggu ya Balamuda, apalagi buat kamu yang kepengen cepet-cepet lulus untuk mencari pekerjaan, atau malah ingin cepat menikah? Tapi terkadang, kuliah terasa membosankan dan melelahkan ya Balamuda

Biar kuliah kamu tambah semangat, ada info menarik nih Balamuda mengenai salah satu benda incaran kamu sewaktu wisuda nanti. Apa itu? Ya, tentu saja Toga.  Toga merupakan topi khusus yang diberikan sewaktu wisuda sebagai bukti kelulusan seseorang dalam menempuh perkuliahan. Tahukah kamu mengapa topi ini begitu istimewa dan banyak orang rela berjuang mati-matian untuk ngedapetinnya?

Yuk kita intip apa makna di balik Toga

1. Warnanya Hitam – Melambangkan Kegelapan

Kegelapan di sini bukan berarti hal buruk ya Balamuda, karena ternyata toga memiliki filosofi bahwa topi ini hanya dikhususkan bagi mereka

(sarjana) yang berjuang dan berhasil mengalahkan misteri yang ada di masa sewaktu kuliah. Dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang selama ini didapatkan selama masa kuliah, sarjana diharapkan mampu untuk menyibak kegelapan.

Wah, Keren ya Balamuda, masih kurang termotivasi buat dapetin toga? Kamu harus simak makna dibalik toga berikutnya.

2. Topi Persegi – Artinya Sudut Pandang

Berbicara mengenai toga, rasanya ga lengkap kalo kita ga bahas bentuk toga itu sendiri. Toga memiliki bentuk yang unik, khas, tidak seperti topi-topi yang biasanya Balamuda. Tentunya semua itu ada maksud dibalik bentuk toga yang khas ini. Toga sendiri memiliki bentuk persegi. Apa maksudnya? Ternyata bentuk toga ini tidak sembarangan dibuat Balamuda, bentuknya yang persegi memiliki maksud agar mahasiswa yang telah lulus dituntut untuk berpikir secara rasional dan harus memandang dari berbagai sudut. Diharapkan setelah menjadi seorang sarjana, akan memiliki pemikiran yang tidak sempit.

Bener juga ya, sekarang aku tahu kenapa mahasiswa disebut sebagai agen perubahan. Karena mahasiswa memang dituntut untuk memiliki wawasan dan pemahaman yang luas. Hidup Mahasiswa ! 😀

3. Pemindahan tali toga. Apa maksudnya?

Salah satu prosesi yang menarik ketika penyerahan toga sewaktu wisuda adalah pemindahan tali toga dari kiri ke kanan. Kira-kira apa ya maksudnya? Ternyata tali pada  toga diibaratkan sebagai otak. Awalnya diletakkan pada sebelah kiri karena pada saat kuliah, mahasiswa cendderung lebih banyak menggunakan otak kiri yang berhubungan dengan bahasa dan hanya hapalan semata. Saat wisuda, tali dipindahkan ke kanan dengan harapan agar sarjana lebih menggunakan otak kanannya yang berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan juga inovasi. Hal ini juga berkaitan dengan pekerjaan yang akan dipilih setelah wisuda agar dapat membuka lapangan bagi orang lain atau paling tidak untuk diri mereka sendiri.

Selain itu, tali toga juga sebagai simbolpembatas buku. Saat dipindahkan, itu artinya sarjana siap membuka lembaran baru untuk terus belajar dan menambah wawasannya sehingga ilmunya tidak stagnan.

Ya, itu tadi beberapa makna yang bisa kita bahas mengenai togan Balamuda.  Semoga dengan Makin tau kita tentang makna dari toga, makin kepengen cepet-cepet buat dapetinnya ya Balamuda, hehe makanya yuk kita bangun kesadaran lagi sebagai mahasiswa, kita belaajar lebih giat dan ingat tujuan awal kita kuliah. Semangaatt

Ingin dapetin info menarik soal UNY, kuliah, musik, atau artis-artis kesayangan kamu? Makanya stay tuned terus yaa di 107.9 FM Magenta Radio, express your mind. (LMMA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *