Kembali Beraksi, Kopermuny Ngadain Koperaksi Lagi

Untuk mempertunjukkan hasil pembelajaran di komunitas, KOPERMUNY atau Komunitas Perkusi Musik UNY, tanggal 28 April 2017 kemarin di Lab Karawitan FBS UNY ngadain Home Concert dengan tajuk KOPERAKSI #2.  KOPERMUNY adalah sebuah komunitas perkusi yang berada dibawah naungan HIMA Musik UNY yang punya tujuan jadi salah satu media pengaplikasian pembelajaran perkusi di luar mata kuliah PIM Perkusian buat jadi sarana belajar perkusi dan juga organisasi bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik, Balamuda. Untuk KOPERAKSI #2 sendiri, ini adalah lanjutan dari Home Concert mereka sebelumnya yang diadain di Gk 4 Seni Rupa pada tahun 2014 dengan nama yang sama, yaitu KOPERAKSI.

Dengan membuat Home Concert tanpa ada biaya tiket masuk, namun dengan cara reservasi tiket, hal tersebut dimaksutkan buat nyari tau seberapa besar minat orang-orang di Jogja khususnya Mahasiswa/i UNY terhadap konser perkusi di Indonesia.  Tak hanya menampilkan perkusi, di KOPERAKSI #2 juga nyuguhin kolaborasi antara perkusi dengan alat musik lain, yaitu Contrabass yang dimainin sama Gelegar Putra, Bass Elektrik yang dimainin sama Briandi Getar dan Mohammad Syarif Alfani dan juga Keyboard yang dimainin sama Adiyatama Dadi Raharjo. Dan untuk daftar pemain Peruksinya sendiri ada; Aldo Ahmad F, Dimas Pradana Adi, Christian Pisteosa, Sandro Adiyatna, Helen Clara Manua, Ardan purinasmoro, Rexy Brian K, Arif Maulana, Bagas Prabowo, Christian Gratia P.S, Chossy Krishna A, Bobby Jerry, Kezia Grace Y.S, Bingar Annisa M.S, dan juga Intan Majid G.

Di acara tersebut, ditampilin juga karya murni buatan dari salah satu anggota KOPERMUNY yaitu Aldo Ahmad Fithra dengan nama instrumen “Kita Cuma, Cuma Kita”. Menurut pengakuan Aldo di atas panggung saat ditanya soal cerita dibalik karyanya tersebut, dia bilang kalo isi dari karyanya adalah tentang pengalaman-pengalaman dia selama belajar di KOPERMUNY, Balamuda. Banyak hal-hal menyenangkan dan juga ilmu selama dia belajar di KOPERMUNY. Dan karyanya yang dibuat dari mulai April 2017 ini, dibuat spesial untuk acara KOPERAKSI #2. Selain penampilan dari Mas Aldo, ada juga penampilan dari temen-temen KOPERMUNY lain yaitu; Iannis Xenakis, Sergio jedag-jedug, Balamuda.

Selain penampil yang pertunjukkan perkusi yang menyenangkan, keberhasilan acara KOPERAKSI #2 juga terlihat dari banyaknya bangku-bangku di Lab Karawitan yang terisi. Meski kondisi ruangan agak panas, tapi banyak dari penonton yang masih bersedia bertahan sampe acaranya kelar, Balamuda.

Semoga aja, keberhasilan dari KOPERAKSI #2 ini bisa jadi motivasi dan acuan buat temen-temen KOPERMUNY  supaya terus kompak dan terus berkarya. Juga, biar bisa bikin KOPERAKSI #3 dengan konsep yang makin keren di tahun-tahun berikutnya. (DHK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *