Tips biar Magang Kamu Gak Sia-sia

Magang khususnya buat mahasiswa di universitas, selain sebagai mata kuliah wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa juga sebagai tempat untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya (terutama prodi non-pendidikan) dan yang lebih penting adalah sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan pengalaman. Disinilah kita dapat melihat penerapan riil dari teori -teori yang telah kita dapatkan sebelumnya.

Bagi para mahasiswa yang ingin mengadakan magang, berikut ini adalah 5 tips sukses menghadapi magang kamu ga sia-sia

 

1. Menentukan Target

Sebaiknya kamu menentukan target: apa yang ingin Kamu kuasai (sesuai bidang/jurusan), pengalaman apa saja yang bisa kamu peroleh, berapa lama Kamu akan mengikuti magang, dan lain-lain. Pertimbangkan hal ini dengan baik, bila perlu mintalah petunjuk dari senior atau pembimbing kamu.

Misalnya jurusan kamu Teknik Komputer dan Jaringan, ya harus magang di tempat yang ada Teknik Komputer dan Jaringan, kalo kamu di tukang fotokopi ya salah tempat pastinya.

2. Cari Informasi

Cari informasi dan pelajari perusahaan/instansi tempat kamu akan mengadakan magang ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan lingkungan dimana tempat kamu akan bekerja. Jangan sampe kamu-kamu salah informasi. Informasi bisa di dapat dari Media online dan dari lain-lain

3. Pelajari kembali

Pelajari kembali. Setidaknya buka kembali buku-buku mata kuliah yang berkaitan dengan bidang kajian tempat kamu akan mengadakan magang. Sehingga nantinya kamu akan lebih mudah menemukan kaitan antara teori dan keadaan di lapangan. Bila perlu, catatlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan kamu tanyakan. Ya seengaknya kamu pelajarin tentang yang akan kamu kerjakan di magang ini.

4. Inisiatif

Berinisiatif. Jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari kamu. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal yang masih baru bagi kamu. Kamu bisa aja inisiatif belajar pas kerjaan lagi gak ada. misalnya minta ajarin sama karyawan yang udah ahli dibidangnya.

5. Membangun Relasi

Membangun jaringan. Kesempatan magang juga dapat kamu pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu kamu. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang. Ini memungkinkan kamu bakal di tarik kerja di tempat kamu magang tersebut.

Nah itu tadi 5 tips biar magang kamu ga sia-sia dan cuma dapet capek aja. Semangat buat yang mau magang ya, jangan kasih kendor!

Dikutip dari www.kaskus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *